FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Luncurkan Simkes, Dinkes Mimika Matangkan Basis Data Kesehatan Mimika


Sistem manajemen informasi kesehatan ( simkes ) yang telah di launching sejak 12 november 2020 lalu, menjadi basis data informasi pelayanan kesehatan dasar di mimika sebagai bentuk perwujudan visi mimika cerdas di kabupaten mimika. 

Sistem informasi kesehatan yang di rancang berbasis website tersebut, menjadi salahsatu langkah strategis untuk memantau perkembangan layanan kesehatan dasar di mimika yang dengan mudah dapat dipantau kepala daerah maupun dinas kesehatan dari pelayanan yang dilakukan faskes tingkat pertama. 

Didalam sinkes tersebut, terdapat menu layanan screening covid 19 bagi masyarakat dan call center pusat layanan, layanan pemesanan obat tbc, hiv, aids, layanan pemesanan layanan ambulance gawat darurat, dan pendaftaran online faskes tingkat pertama dengan menyertakan kartu tanda penduduk dan nomor induk kependudukan. 

Selain melihat data kunjungan per kategori di setiap puskesmas, dalam sinkes tersebut, juga dapat melihat berapa banyak masyarakat yang telah mendapatkan layanan kesehatan melalui jaminan kesehatan nasional ( jkn-kis) di kabupaten mimika. 

Lima puskesmas menjadi model percontohan perdana launching simkes dalam pengaplikasian awal, diantaranya pkm timika, timika jaya, puskesmas jile yale, pkm pasar sentral, dan puskesmas wania.
73745675015091643