FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

PKM BHINTUKA, Lakukan Layanan Kesehatan Prima Berbasis Sosial Budaya Masyarakat Setempat


Puskesmas bhintuka yang terletak di wilayah distrik iwaka kabupaten mimika, terus berupaya melakukan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat diwilayah kerjanya sesuai dengan tupoksi yang di berikan.

Dengan jumlah tenaga yang di miliki saat ini sebanyak 61 orang yang terdiri dari 23 orang perawat, 12 bidan, 2 dokter umum dan 1 dokter gigi dan 23 orang tenaga lainnya, melakukan pelayanan kesehatan di 2 puskesmas pembantu (pustu) yang terletak di kampung pioka kencana dan kampung mimika gunung serta 1 klinik pemda di kampung utikini 1,2 dan 3.

Kepala puskesmas bhintuka agustina wanimbo dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam pelayanan rutinnya dirinya selalu menekankan tiga hal kepada seluruh staf puskesmas yaitu disiplin, rutin melakukan pecatatan dan pelaporan serta pelayanan kesehatan barbasis sosial budaya setempat, di tambahnya dalam giat rutin pkm bhintuka tidak ada kendala berarti, namun dirinya berharap kedepan pkm bhintuka bisa memiliki pagar keliling penunjang keamanan di puskesmas.

Dalam pelayanan pkm bhintuka sudah memakai aplikasi simkes untuk melakukan pendaftaran pasien, dimana pasien hanya perlu membawa e-ktp serta kartu keluarga untuk mendaftarkan anak yang berobat.

Ruang pelayanan kesehatan yang di miliki pkm bhintuka saat ini terdapat ruang pendaftaran, apotek, ruang igd, poli umum, ruang kia dan ruang dokter, ruang konsultasi, laroratorium, serta spot pelayanan pojok malaria.

Untuk klinik pemda mimika dari hibah pt. Freeport indonesia yang terletak di wilayah kampung utikini juga bersama puskesmas bhintuka melakukan pelayanan kesehatan masyarakat rutin dalam upaya peningkatan kesehatan prima.
73745675015091643