FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Dinkes Rakor Bentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Lintas Sektor


Kesehatan jiwa merupakan salahsatu masalah kesehatan yang dapat terjadi pada anak hingga lanjut usia yang semakin kompleks dan diperlukan pemecahan masalah yang tepat, hal tersebut disampaikan pj. Bupati mimika valentinus sumito dalam kesempatan rakor pembentukan tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat (tpkjm) yang digelar dinas kesehatan mimika bersama lintas sektor pada 14 juli 2023.

Tpkjm kabupaten mimika sebagai wadah koordinasi lintas sektor yang telah dibentuk diharapkan pj bupati mimika valentinus sumito dapat merumuskan program pemecahan masalah yang timbul dari kejiwaan.

Dikatakan kepala dinas kesehatan mimika reynold ubra, dalam setahun ini kolaborasi dinas kesehatan dan dinas sosial mimika telah dilakukan dan berhasil mendata 36 odgj dan orang dengan masalah kejiwaan (odmk) sebanyak 56 orang hingga juni 2023.

Untuk tahun 2022 dikatakannya terdata sebanyak 112 orang odgj dan orang dengan masalah kejiwaan (odmk) yang beresiko masuk dalam gangguan jiwa berat sebanyak 220 orang.

Dengan pembentukan tpkjm yang melibatkan pemkab mimika, tokoh agama, lsm hingga organisasi profesi nantinya dapat dirumuskan program tindak lanjut penanganan odgj dan odmk di kabupaten mimika.
73745675015091643