FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Dinkes Mimika Update Kasus Kesakitan Hingga Juli 2023, diantaranya Malaria, HIV dan DBD


Dinas kesehatan kabupaten mimika menggelar jumpa pers pelaksanaan kesehatan di mimika terkait penanganan malaria dan ketersediaan stok obat malaria serta penanganan hiv aids yang di gelar pada 27 mei 2023, yang di paparkan langsung kepala dinas kesehatan mimika reynold ubra.

Dikatakan reynold ubra untuk saat ini ketersediaan obat malaria cukup tersedia di mimika yang merupakan program obat nasional dari kementerian kesehatan melalui dinas kesehatan provinsi papua. Dikatakannya kebutuhan rata-rata pertahun di papua sebanyak 3 juta butir.

Untuk kasus malaria di mimika tahun 2023 hingga akhir april sebanyak 31.383 ribu kasus yang terbanyak terdata di pkm wania, pkm pasar sentral, pkm bhintuka, rsmm, pkm timika, pkm karang senang dan pkm timika jaya.

Dikatakan kadinkes mimika reynold ubra, penyebab tingginya kasus malaria di mimika diantaranya kurangnya kepatuhan penderita malaria dalam mengkonsumsi obat malaria sesuai dosis yang diberikan, sehingga terjadinya kambuh berulang-ulang sakit malaria oleh penderita. Hal ini juga yang menjadi salahsatu penyebab borosnya penggunaan obat malaria di mimika. Dalam kesempatan tersebut juga dinas kesehatan mimika melakukan update perkembangan kasus penyakit lainnya seperti demam berdarah dan lainnya.

73745675015091643