FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Dinkes Mimika Rakor Pokjanal Posyandu Libatkan Lintas Sektor di Mimika


Rapat koordinasi kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu, puskesmas distrik, pkk dan mitra dalam pengelola posyandu di gelar dinas kesehatan mimika bersama lintas opd dan sektor lainnya pada 14 juli 2023 dalam tujuan menindaklanjuti hasil riset kesehatan dasar kabupaten mimika.

Menurut peraturan mendagri nomor 54 tahun 2007, pokjanal posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya berkaitan dalam pembinaan pengelolaan posyandu di tingkat pusat sampai distrik, dengan kegiatan utama mencakup kesehatan ibu dan anak, kb, imunisasi, gizi, penanggulangan diare, sedangkan giat pengembangan terintegrasi posyandu lainnya diantaranya bina keluarga balita (bkb), tanaman obat keluarga (toga), bina keluarga lansia dan pos pendidikan anak usia dini.

Dikatakan kepala dinas kesehatan mimika reynold ubra, kolaborasi perlu dilakukan lintas sektor dalam perwujudan enam pilar transformasi kesehatan, yaitu transformasi kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, sdm kesehatan dan teknologi kesehatan.

Dalam tujuannya dari rakor pokjanal tersebut, yaitu meningkatkan peran serta unsur pokjanal kabupaten mimika dalam mendukung posyandu dengan membentuk tim pokjanal kabupaten, penyusunan program pokjanal serta pembinaan peningkatan fungsi kinerja posyandu.

Dalam giat tersebut berbagai unsur yang dilibatkan diantaranya pt. Freeport indonesia, dinkes mimika, bappeda, dpmk, 10 puskesmas dalam kota, tp-pkk kabupaten, dinas sosial, dan ypmak.
73745675015091643