FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Strategi Layanan Puskesmas Kwamki Narama, Kolaborasi Layanan Posyandu


Sejak diresmikannya puskesmas kwamki narama pada 16 november 2022 oleh plt. Bupati mimika johannes rettob, puskesmas kwamki sudah mulai melakukan fungsi pelayanan maksimalnya yang berlokasi di jalan mambruk belakang kantor distrik kwamki narama.

Salahsatu fungsi pelayanan yang dilakukan adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak dengan dua cara yaitu upaya kesehatan perorangan (ukp) dan upaya kesehatan masyarakat (ukm).

Dikatakan kepala puskesmas kwamki narama dr. Armin, giat posyandu di luar puskesmas atau ukm adalah pelayanan upaya kesehatan berbasis masyarakat (ukbm) yang melayani posyandu di 9 kampung dan 1 kelurahan sedistrik kwamki narama yang bermitra dengan tp-pkk distrik kwamki narama.

Sejak awal tahun 2023 hingga bulan mei, jumlah pelayanan bayi dan balita sudah mencapai 356 bayi balita dari target pelayanan sebanyak 432 bayi balita dimana capaian pelayanan sudah mencapai 82,4 persen dengan jumlah kader posyandu 10 titik pelayanan sebanyak 58 kader.

Giat posyandu merupakan giat kolaborasi yang melibatkan petugas promosi kesehatan, petugas gizi, petugas kia (bidan), petugas kesling. Giat posyandu dikatakan kapus pkm kwamki narama adalah giat penting bukan hanya untuk pelayanan kesehatan ibu hamil saja namun juga kesehatan bayi dan balita selain itu juga untuk pelayanan posyandu lansia.

Hal senada juga disampaikan kepala distrik kwamki narama edwin hanuebi dimana dikatakannya dalam 2 tahun terakhir pelayanan posyandu pkm kwamki narama sudah cukup baik, dukungan terus di berikan distrik kwamki narama dalam pelayanan berkelanjutannya bagi peningkatan kesehatan masyarakat.
73745675015091643