FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Cegah Dini Kaki Gajah (Filariasis), Dinkes Mimika Akan Beri Obat Pencegahan Massal

Dinas kesehatan kabupaten mimika menggelar sosialisasi persiapan pemberian obat pencegahan massal filariasis dan kecacingan pada 8 agustus 2023 yang di hadiri oleh seluruh puskesmas, tni/ polri dan dinas pendidikan mimika.

Dalam implementasinya, dua program yang dijalankan dinas kesehatan mimika tahun 2023 dilakukan pada bulan februari dan agustus yaitu pemberian obat cacing dan pemberian obat pencegahan massal untuk filariasis atau kaki gajah yang akan digelar pada agustus.

Filariasis ialah penyakit menular yang disebabkan karena infeksi cacing filaria, yang hidup di saluran dan kelenjar getah bening (limfe) serta menyebabkan gejala akut , kronis yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk.

Dalam survei yang di gelar dinas kesehatan di tahun 2022 pada beberapa wilayah di temukan kasus yang di sebabkan cacing filaria yang dimana mimika saat ini masuk dalam wilayah endemik filariasis.

Dalam pelaksanaanya, di minta ke setiap puskesmas melakukan sosialisasi lanjutan kepada warga di lingkungan masing-masing, yang dilanjutkan dengan pemberian obat filariasis dan kecacingan sebagai bentuk pencegahan dini dengan target usia mulai dari 2 hingga 70 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, kepala dinas kesehatan mimika bersama sekretaris langsung memberikan pengarahan rencana aksi lanjutan kepada setiap puskesmas sebagai perpanjangan tangan dinas kesehatan, dikatakan sekretaris dinas kesehatan marcel mameyao, aksi tersebut juga gi gelar oleh provinsi lainnya di papua termasuk di provinsi papua tengah yang membawahi 8 kabupaten.

Di tambahkan sekretaris dinas kesehatan mimika marsel mameyao, saat ini pendataan dilakukan di setiap provinsi terkait semua jenis penyakit selain filariasis yang juga nantinya akan dilakukan rencana aksi berkelanjutan.
73745675015091643