FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

DINKES Mimika Gandeng Lintas Sektor Launching Mimika Stop BAB Sembarangan

Mewujudkan kabupaten mimika stop buang air besar sembarangan (babs) tahun 2023, melalui agenda kick off papua tangguh 2023, pemkab mimika melalui dinas kesehatan melakukan kemitraan bersama pemkab biak numfor melalui yayasan rumsram mitra unicef dan lembaga kemitraan lainnya melaunching program sanitasi total berbasis masyarakat (stbm) di mimika pada 14 september 2023.

Dijelaskan kepala dinas kesehatan mimika reynold ubra, dalam 10 tahun terakhir fasilitas stbm di mimika sudah cukup memadai dalam menunjang kesehatan masyarakat hasil dari berbagai upaya program kerjasama lintas opd maupun sektor swasta mulai dari sosialisasi hingga penyediaan sarana dan prasarana.

Dirinya juga menjelaskan di mimika ada tiga jenis penyakit yang masih menjadi pr pemerintah bersama masyarakat, yaitu malaria, ispa dan diare yang dimana hal tersebut belum dapat terselesaikan di akibatkan perilaku kesehatan. Dari tiga wilayah besar di mimika, terkait stbm wilayah pesisir mimika menjadi yang paling tinggi penderitanya dikarenakan belum tersedianya fasilitas air bersih memadai, ketersediaan jamban serta perilaku kesehatan masyarakat.

Melalui kajian persoalan yang akan di rumuskan bersama mitra pemerintah kabupaten mimika, persoalan stbm akan di cari jalan keluar bersama untuk mewujudkan kabupaten mimika stop buang air besar sembarangan yang salahsatunya akan menggandeng lintas sektor dalam perwujudannya.
73745675015091643