FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Hari Tuberkolosis di Mimika 2022, Investasi Untuk Eliminasi TBC Selamatkan Bangsa


Giat hari peringatan tuberkolosis tahun 2022 yang di hadiri seluruh penggiat kesehatan sekabupaten mimika, di buka langsung asisten setda mimika mewakili bupati dengan tema investasi untuk eliminasi tbc selamatkan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut kepala dinas kesehatan mimika reynold ubra memaparkan capaian eliminasi tuberkolosis di mimika sudah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya walaupun belum mencapai target 85 persen.

Dalam prosesnya sepanjang tahun berjalan, pencarian kasus tbc di mimika terus dilakukan sampai di wilayah pesisir mimika oleh dinkes mimika dengan tenaga kesehatan yang dimiliki yang berkolaborasi dengan tiap distrik mulai dari sosialisasi hingga pencarian kasus tbc.

Hingga kini capaian treatment success rate (tsr) atau keberhasilan pengobatan pasien tbc secara umum di papua sudah mencapai 66 persen dengan strategi pendampingan pasien tbc dalam pengobatan baik di tingkat puskesmas maupun di rumah sakit.

Hingga kini di mimika alat pemeriksaan tcm (tes cepat molekuler) untuk pemeriksaan pasien dengan tbc sudah tersedia lima unit yang dapat melakukan seratus tes per hari dengan keunggulan lebih cepat dan akurat mendeteksi pasien tbc serta resisten obat yang tersedia di rsud mimika, puskesmas timika dan pkm timika jaya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan bagi puskesmas berprestasi di mimika dalam upayanya melakukan penanganan kesehatan kepada masyarakat termasuk dalam eliminasi tuberkolosis.

Kadinkes mimika reynold ubra mengatakan, selain tbc, dua penyakit besar lainnya yang harus di tangani di mimika yaitu hiv dan malaria sebagai penyakit menular, serta diabetes, jantung dan hipertensi sebagai penyakit tidak menular yang trendnya lagi meningkat, dimana cara terbaik untuk melakukan penanganan dengan pencegahan dini.
73745675015091643