FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Pertemuan Surveilans Gizi 2020, Puskesmas di Minta Lebih Aktif Cegah Dini Kurang Gizi dan Stunting


Pertemuan surveilans gizi digelar dinas kesehatan kabupaten mimika bersama puskesmas di mimika tahun 2020 untuk mengetahui sejauh mana cakupan pelaksanaan program gizi di tiap puskesmas serta merumuskan rencana tindak lanjut dalam penangana kurang gizi maupun stunting di kabupaten mimika. 

Dikatakan kabid kesehatan masyarakat dinkes mimika lenni silas, dari data yang terhimpun sementara angka kurang gizi maupun stunting dikabupaten mimika masih rata-rata 24 hingga 34 persen yang dalam upayanya akan diturunkan dengan pendampingan promosi kesehatan dengan edukasi masyarakat secara berkelanjutan serta pendampingan pemberian asupan gizi tambahan bagi remaja putri maupun ibu hamil. 

Disebutkan terdapat tiga komponen utama dalam penanggulangan stunting mulai dari masa kehamilan sampai 1000 hari pertama kehidupan yaitu dengan penerapan pola asuh yang benar, pola makan bergizi serta penyediaan air bersih dan sanitasi yang memadai. Dari hal tersebut dirinya berharap peran puskesmas lebih ditingkatkan dalam pelayanan surveilans gizi di mimika sesuai alur yang telah ditetapkan bersama agar mencapai terget penurunan angka kurang gizi dan stunting di kabupaten mimika.
73745675015091643