FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Right

items

Dinkes Mimika Evaluasi Pelayanan PIS-PK di Puskesmas Tahun 2020



Program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (pis-pk) dikabupaten mimika telah berjalan sejak 2018 hingga saat ini menjadi evaluasi di tahun ketiga pada 2020 dari pendataan indeks keluarga sehat pada dua tahun sebelumnya dengan mengacu pada tiga ketegori penilaian. 
Dari cakupan indeks keluarga sehat tersebut ditetapkan 12 indikator keluarga sehat yang ditetapkan kementerian kesehatan yaitu keluarga berencana, persalinan di fasilitas kesehatan resmi, bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, bayi mendapat asi eksklusif, pertumbuhan bayi dipantau tiap bulan, pengobatan penderita tbc, pemeriksaan rutin hipertensi, keluarga bebas rokok, mendapat jaminan kesehatan nasional, akses air bersih, jamban sehat, dan lainnya. 
Dikatakan dari hasil evaluasi sementara kabupaten mimika masih masuk dalam kategori tidak sehat dikarenakan sejumlah kendala yang dihadapi, diantaranya untuk pelayanan di wilayah pegunungan masih terkendala masalah keamanan. Namun untuk cakupan di wilayah perkotaan saat ini sudah sampai tahap tindak lanjut dari pelayanan puskesmas untuk program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga
73745675015091643